Livingroom

Belajar Menggendong Yang Benar Bersama Indonesian Babywearing Club

bbc1

Belajar Menggendong Yang Benar Bersama Indonesian Babywearing Club

Menggendong bayi , balita, anak terdengar simpel tetapi  nyatanya nggak loh. Masa sih? menggendong aja gitu kok ? Angkat bayinya trus tempelin ke badan kita trus pake deh gendongannya. Thats all? Aihh, ternyata nggak loh. Kita mesti belajar banget tentang menggendong yang benar. Belajarnya dimana ? Sinii.. aku kasih tau tentang satu komunitas baru di Indonesia yang asik banget buat di kepo-in. Namanya Indonesian Babywearing Club. Mari kita kulik kulik tentang komunitas ini

bbc1

Indonesian Babywearing Club adalah komunitas non profit yang berisikan ayah ibu yang ingin tahu ilmu tentang gendongan dan menggendong. Dengan maraknya berbagai gendongan dipasaran yang mengklaim ternyaman tapi nyata nya berbahaya bagi si bayi, founder Indonesian Babywearing Club ini pun membuat grup facebook yang membahas hal tersebut. Di Grup tersebut, para ayah ibu berdiskusi tentang review gendongan, cara menggendong,jenis gendongan dan tips trik menggendong bayi balita dengan nyaman dan benar.

Gendongan bisa bahaya? bahaya buat bayi? Trus gimana donk cara menggendong dan gendongan yang aman buat bayi yang gimana?

Iya bisa bahaya, Kalo mengunakan gendongan yang tidak ergonomis atau gendongan yang tidak pas untuk usia bayi maka bisa muncul banyak hambatan tumbuh kembang. Yang paling IN dibahas di grup Indonesian Babywearing Club tersebut adalah hip dysplasia

4628556621

Ini mommy kasih tau dasar ilmu menggendong yang mommy pelajari dari grup itu juga ya:

  1. Bayi dapat kita lihat sepanjang waktu menggendong –> maksudnya adalah gendongan dan cara menggendong kita tidak menghalangi pandangan kita ke bayi maupun pandangan bayi ke kita. Hal ini juga berpengaruh pada sirkulasi udara yang akan didapatkan si bayi
  2.  Gendongan kita cukup untuk membuat kita mencium bayi dengan mudah–> lucu ya indikator dasar ini, tapi bener loh. Gendongan yang baik salah satunya memudahkan kita untuk mencium kepala atau kening si bayi.
  3. Pastikan selalu ada ruang tersisa, minimal dengan jarak 1 jari antara dagu bayi dan dada. Hal ini memungkinkan bayi bernapas dengan leluasa.
  4. Cukup kencang dan tetap Ergonomis bagi tulang belakang bayi–> Gendongan yang benar memungkinkan bayi/balita untuk memeluk atau merangkul si bayi. Tetapi bagian belakang bayi harus tersongkong dengan baik hingga tulang belakangnya dalam posisi ergonomis (tidak terlalu membungkuk atau tidak terlalu dibuat tegak)

Lalu lalu, apa saja sih jenis gendongan yang ada dan variannya seperti apa? Mahal ga?

Kalo pertanyaannya mahal apa ga, itu relatif ya. Tapi kalo tentang jenisnya ini mommy share disini. Apasih yang nggak, buat Ibu Ibu:))

bb12

  1. Ring Sling–> ketentuan buat Ring Sling antara lain kepala bayi bisa kita cium, dagu dan leher tidak menempel , untuk bayi baru lahir kain menopang leher, posisi kaki lebih tinggi dari bokong, punggung terlindungi, kain tidak ketat, posisi kain menopang kaki kiri hingga kanan, posisi ring korsase, posisi duduk nyaman dan dalam.
  2. Pouch Sling –> adalah jenis gendongan seperti ring sling, tapi tidak bisa disesuaikan tarikannya seperti ring sling ( karena ring sling memakai ring sedangkan pouch sling tidak). SLing ini sangat mudah digunakan namun mesti disesuaikan dengan penggendong dan juga si bayi.
  3.  Mei Tai –> Mei Tai berasal dari bahasa mandarin ini adalah jenis gendongan yang paling sering digunakan di Asia. Gendongan ini bedanya dengan sling , adalah tumpuannya. Kalo sling tumpuannya pada satu bahu maka mei tai menggunakan kedua bahu untuk tumpuan. Biasanya ada beberapa produk yang menambahkan lapisan busa di bagian bahu untuk menambah kenyamanan pengguna.
  4. Soft Structured Carriers–>  SSC atau Soft Structured Carriers ini adalah jenis gendongan kekinian yang menawarkan banyak kemudahan. Biasanya ada yang bisa dipake dari bayi umur 2 bulan sampai toddler dengan berbagai modifikasi seperti bisa dipindah ke depan maupun dipake di depan. Yang perlu di ingat kalo beli yang jenis ini pilih yang ORIGINAL ya. karena kalo ga ORI, jauh banget kualitasnya.

Selain itu ada jenis berupa WOVEN WRAP dan STRECTHY WRAP. Kedua jenis ini biasa menggunakan kain dengan jenis yang bisa mulurrr dan panjang. Biasanya jenis kainnya adalah kain jersey, katun. Model gendongan wrap ini kalo dilihat pertama kali ribet. Mommy sendiri sampai sekarang belum bisa bisa makainya:)) tapi kalo sudah tahu celahnya maka seneng dan berguna makainya. Kenapa? karena gendongan model wrap ini bisa digunakan bahkan pada bayi yang prematur, pake metode seperti kangoroo care, skin to skin contact, si bayi premi bisa optimal lengket sama ayah ibunya

bb4

Seru ya belajar dan tahu jenis jenisnya. Trus ada tips dan trick nya ga sih kalo mau milih gendongan yang pas buat anak?

Kalo menurut hasil diskusi di Indonesian Baby Wearing Club tersebut hal yang perlu dipikirkan ketika mau membeli gendongan adalah, mau berapa lama memakainya? apa ingin yang bisa dipakai dari bayi hingga balita atau ingin berganti ganti. Lalu siapakah yang memakai gendongan tersebut, ayah ibu atau pengasuh? yang ketiga, tentu saja budget ya;) karena beberapa gendongan memang tahan lama hingga bertahun tahun tetapi harganya juga lumayan menguras kantong. ini salah satu contoh infografis nya ya:)

17629703_1310590492362854_6652838362794925798_n

Yang lucu dan seru di grup tersebut ada beberapa Ibu dan Ayah yang dapat rizki berupa anak kembar, terus pengen donk gendong dua duanya. Aku kira hal tersebut mustahil dan capeek kan. Eh ternyata bisa loh gendong dua bayi sekaligus:)) keren banget yak

15977601_10210346778762565_7252321009278835929_n

Selayaknya grup yang di isi oleh kebanyakan mamak mamak beranak, maka grup Indonesian Babywearing Club ini juga ada forum jual beli nya, baik yang preloved maupun yang baru/NEW . Seru deh liat bahasannya bu Ibu kalo udah mulai soal belanja belanji ini. Dari mulai review tiap macam gendongan, harganya sama toko atau online shop yang menjualnya. Tapi tetap ada jadwalnya yang diatur oleh para admin. jadi ga sembarang mbahas nulis di wall grup dan langsung jualan. Bisa di kick off:p

Khusus di daerah Jogja dan sekitarnya bahkan ada campaign untuk berolahraga sambil menggendong bayinya. Kebayang kan berapa kalori yang terbakar sekaligus saat melakukan kegiatan tersebut. Pengen deh someday di Purwokerto ada yang begini.

16387416_10210516819493477_628856259917206490_n
seruuu

Nah beberapa minggu yang lalu ibu ibu founder dan admin dari grup tersebut serta banyak peminat  babywearing lainnya ikut pelatihan konsultan babywearing. iya bener, ada konsultannya loh dan berseritifikat internasional.  Beliau beliau belajar banyak teknik dan permasalahan seputar menggendong/gendongan.

Gimana? tertarik untuk belajar tentang gendongan/menggendong? Silahkan gabung ke grup facebook nya. Setau mommy komunitas ini belum ada website nya. semoga next time, bisa ada yes. jadi mempermudah orang untuk mengakses informasi informasi di dalamnya.

Ini mommy kasih link nya:

Facebook Grup: Indonesian Babywearing Club

Instagram : @letsgendong

Founder Indonesian Babywearing Club, mb Indy Bulakana : milkingwithkai.wordpress.com

 

Selamat Menggendong bu Ibu:*

Mommy Ar

(Visited 1,040 times, 3 visits today)

1 thought on “Belajar Menggendong Yang Benar Bersama Indonesian Babywearing Club”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *