June 27, 2016 mimom 0Comment

With the “soleh” person you feel in some MYSTERIOUS what that you are.. Absorbing the WISDOM contained in all mind through your skin without even talk with them.

Ciri orang soleh itu adalah ketika kita dekat dengan dia kita bisa merasakan kegembiraan yang penuh kedamaian.. Itu saya dapat 10 tahun silam dari sebuah pengajian di pesantren sepuh di Jawa tengah.

Perasaan spesial kembali saya rasakan Ramadan tahun ini, ketika tidak sengaja dalam sebuah perjalanan bersama beberapa sahabat, saya dipertemukan dengan seorang alim, ulama soleh, yang dengannya tanpa berbicara pun saya bisa merasakan sebuah kegembiraan yang mendamaikan.IMG-20160613-WA0034

Lebih dari 90 tahun umur beliau, tidak sedikitpun terlihat tanda kepikunan, ketika kami bertanya tentang sejarah kehidupan masa lalu. Beberapa potongan ayat Al Quran beliau sampaikan masih terdengar dengan jelas dan terang.

Berbeda dengan kyai atau ulama pada umumnya yang mempunyai pesantren atau yayasan pendidikan beliau memilih untuk tidak memilikinya. Menghabiskan hari-hari di mushala yang beliau bangun sendiri., dan bercocok tanam sebagaimana umumnya masyarakat yang hidup di pedesaan.

Pembicaraan seperti biasa dalam bahasa jawa merujuk lokasi tinggal beliau di daerah Banyumas – Jawa Tengah. Dan saya pun terbiasa juga untuk tidak 100% memahami arti pembicaaraan tersebut. Tapi itu tidak berarti apa apa.., saya begitu asyik bisa dapat kesempatan bertemu dengan ulama seperti beliau. Ketenangan suara beliau sudah lebih dari cukup untuk saya hayati.

Di dalam dunia yang memiliki magnet materialisme begitu besar sekarang ini bersyukur masih ada orang-orang yang Gusti Allah jaga untuk tetap memancarkan magnet keilahianNya. Dan dengan nya kita bisa terarah untuk selalu ada di lingkup jalanNya.

 

 

 

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *